loading guntaraajie-version
Show/Hide Slider
Bookmark and Share Guntara Version

Sunday 9 March 2014

Cara Menambah Ide Agar Tidak Buntu Saat Menulis Artikel Blog

Cara Menambah Ide Agar Tidak Buntu Saat Menulis Artikel Blog
Kebuntuan ide adalah penyakit klasik yang sangat mungkin dialami oleh seorang penulis dalam hal ini, adalah seorang blogger. Bukan hanya kehilangan ide untuk ditulis, kebuntuan mungkin saja menyerang saat anda tengah menulis sebuah draft posting ketika tiba-tiba anda kehilangan ide untuk menyusun hanya sekedar beberapa paragraf penutup. Hal tersebut sangat sering saya alami, dan mungkin bisa dikatakan kewajaran. Mungkin pengalaman saya yang saya susun dalam posting kali ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi anda. 


Menambah ide  & mengurangi kebuntuan saat menulis blog

  • - Mulailah hal baru
Salah satu masalah bagi blogger yang mengkhususkan blog nya untuk niche tertentu adalah kehabisan ide untuk ditulis, saya rasa tidak perlu memaksa diri untuk menambah koleksi artikel di blog anda tersebut jika anda mengalaminya, mencoba sebuah tema baru mungkin dapat menyegarkan pikiran anda..
Seperti kita tahu, blogger tidak membatasi berapa blog yang bisa kita buat dalam satu akun e-mail, cobalah membuat blog baru dengan tema baru untuk sekedar mencari suasana baru, siapa tahu blog baru tersebut dapat kita publish suatu saat nanti, dan siapa yang dapat meramalkan dari blog mana ternyata tulisan kita akan dikenal luas suatu saat nanti. Silahkan anda baca jenis-jenis artikel yang membuat blog anda populer.

  • - Buatlah blog personal
Tekanan untuk selalu update berkala atau rasa takut kehilangan kunjungan dari pengunjung setia blog dan search engine traffic yang berimbas pada penurunan alexa rank bukan tidak mungkin membuat sebagian blogger merasa stress dalam me-manage blog yang mereka miliki.
Sebenarnya, mengurus blog sama sekali bukanlah beban, anda tidak pernah benar-benar mempunyai deadline untuk menulis artikel, sangat banyak blogger yang melaporkan justru pada saat blog mereka ditinggal beberapa saat, traffic kunjungan tiba-tiba meningkat.
Jika anda orang yang sangat gemar menulis, cobalah tuliskan kebuntuan yang anda alami, tekanan yang anda rasakan tersebut dalam blog pribadi, bukankah itu adalah sebuah ide segar yang dapat anda tulis? dan jangan lupa jika banyak sekali blogger yang menjadi terkenal karena personal blog yang mereka miliki.

  • - Lupakan struktur artikel
Ada beberapa blogger yang percaya jika menulis artikel haruslah tersusun seperti halnya menulis sebuah buku, sehingga ketika muncul sebuah ide baru untuk ditulis, mereka akan menundanya karena tengah berusaha menyelesaikan topik tertentu. Ide untuk tulisan tidak datang setiap saat, tulislah apa yang bisa anda tulis pada saat sebuah ide muncul, lupakan sejenak mengenai susunan artikel, bukankah blogger memberikan fasilitas posting terjadwal jika nantinya anda menginginkan artikel anda tersusun rapih saat pengunjung membuka daftar isi atau archive di blog anda ?

  • - Simpan sebagai draft
Jika anda tengah menulis sebuah posting kemudian mengalami proses kebuntuan sebelum posting itu selesai dan dapat anda publish, simpanlah sebagai draft, jangan memaksakan diri. Jika pikiran anda telah segar dan mood menulis anda telah kembali, artikel yang anda simpan sebagai draft dapat anda lanjutkan kemudian.
Hal ini juga berlaku juga jika anda tiba-tiba menemukan ide baru saat tengah menyusun sebuah posting. Hal tersebut sangat sering saya alami, tiba-tiba saja saya mendapat ide untuk menulis mengenai sebuah permasalahan lain saat saya tengah menulis sebuah posting, yang akan saya lakukan adalah segera mungkin membuka post editor di tab baru, menulis dan menyimpannya sebagai sebuah draft. Sebuah ide adalah barang mahal yang tidak bisa kita prediksi kedatangannya.

  • - Faktor Emosi
Unsur emosional atau mood seringkali menjadi masalah saat anda menulis. Ide untuk tulisan sering kali mengalir lebih baik saat pikiran sedang tenang. Sediakan waktu sejenak untuk sekedar bersantai dan tidak memaksakan diri, mendengarkan musik favorit anda mungkin bisa menjadi pilihan untuk mengembalikan mood anda.

  • - Blog walking
Mengurangi kebiasaan fast reading untuk hanya sekedar berkomentar di artikel terbaru dan hanya sekedar meninggalkan backlink atau menambah link in alexa saat anda melakukan blog walking juga dapat membantu anda menemukan sebuah ide baru. Kunjungi beberapa blog yang anda rasa memiliki tulisan yang baik, baca-baca artikel yang sudah di publish dalam blog tersebut, dengan begitu dimungkinkan anda akan  merasa tertantang untuk membuat atau mengembangkan ide dari artikel yang tengah anda baca.

  • - Buka koleksi komentar
Seorang blogger sangat merindukan artikelnya dikomentari, namun setelah mendapat komentar, komentar yang pengunjung berikan kadang kali kita lupakan dan seakan tidak berarti, coba buka kembali list komentar yang telah masuk ke blog kita, adakah pengunjung yang menanyakan mengenai topik tertentu? dari komentar-komentar pengunjung tersebut sangat dimungkinkan kita temukan sebuah ide untuk ditulis.

 

Mengatasi masalah hilangnya ide untuk ditulis

Percayalah, setiap masalah yang anda alami sebagai seorang blogger pasti dialami oleh blogger lainnya, jika anda pernah mengalami kebuntuan ide dan menemukan solusi sebagai jalan keluarnya, berbagilah dengan pengunjung anda. Atau jika anda tidak mempunyai waktu untuk menulis sebuah artikel, berbagi dengan pengunjung blog ini mungkin bisa menjadi manfaat untuk kita bersama.



Artikel dikutip dari sahabat saya mas Ghifari

7 comments :