loading guntaraajie-version
Show/Hide Slider
Bookmark and Share Guntara Version

Wednesday 20 February 2013

Pembahasan Tentang Logika dan Algoritma Pemrograman

Inilah sub materi "Logika dan Algoritma Pemrograman" :

1. Pengertian Logika
2. Pengertian Algoritma
3. Jenis-jenis Algoritma






1. Pengertian Logika
Logika berasal dari bahasa yunani LOGOS yang berarti ilmu. Logika dapat didefinisikan sebagai suatu pemikiran yang digunakan dalam memecahkan masalah. Ketika kita berbicara penyelesaian masalah, kita juga berbicara dua hal: cara dan alat. Kita tidak mungkin menyelesaikan suatu masalah tanpa sebuah alat dan cara-cara penyelesaiannya.

Dalam ilmu pemrograman komputer, cara untuk menyelesaikan suatu masalah disebut dengan algoritma. Alat untuk menyelesaikannya disebut bahasa pemrograman. Masalah yang akan diselesaikan dapat berbentuk masalah-masalah umum pemrograman atau masalah yang lebih kompleks. Masalah paling umum dalam penyelesaian masalah pemrograman adalah bagaimana suatu program akan berjalan, merespon input dari penggguna dan menampilkan output kepada pengguna. Hal ini berlaku pada semua bahasa pemrograman.


2. Pengertian Algoritma
Seperti yang tadi dijelaskan bahwa algoritma merupakan cara-cara yang dapat digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah--dalam hal ini masalah pemrograman (pengertian yang sama juga berlaku untuk masalah-masalah lainnya).

Bagaimana contoh dari sebuah algoritma? Seperti ketika akan memasak sepiring nasi goreng. Algoritma identik dengan kata tanya 'bagaimana'. Bagaimana kita akan memasak nasi goreng tersebut? Pertama, siapkan nasi sepiring, lalu bumbunya, lalu pecin, garam, vetsin, dan lain lain lainnyaaaaa lah. Nah, langkah-langkah tersebut dapat kita kategorikan sebagai algoritma.


3. Jenis-jenis Algoritma
Algoritma dapat kita kategorikan menjadi tiga jenis: Kalimat, Flowchart dan Pseudo-code




A. Algoritma Kalimat
Algoritma Kalimat tersusun atas kalimat-kalimat dalam suatu bahasa yang menerangkan cara-cara untuk menyelesaikan masalah. Karena kita berbicara ilmu pemrograman komputer, maka kita berbicara masalah bagaimana caranya meminta dan mengolah input user dan menampilkan output hasil pengolahan input tersebut.

Contohnya:
1. Minta nama user.
2. Minta nilai user.
3. Apabila nilai diatas 80 kategorikan user tersebut lulus.
4. Apabila nilai dibawah 80 kategorikan user tersebut gagal.
5. Selesai.


B. Algoritma Flowchart
Algoritma Flowchart dibuat untuk menyederhanakan algoritma kalimat dan untuk memudahkan penggambaran jalannya program. Untuk informasi yang lebih lengkap dan komprehensif mengenai algoritma flowchart, anda dapat membuka http://adf.ly/IduBp


C. Algoritma Pseudo-Code
Algoritma Pseudo-Code merupakan algoritma yang paling mendekati bahasa pemrograman dan yang paling mudah untuk digunakan langsung pada bahasa pemrograman. Kedua algoritma sebelumnya memerlukan penulisan ulang saat akan dipindahkan pada suatu bahasa pemrograman tertentu. Algoritma Pseudo-Code adalah penulisan langkah-langkah penyelesaian masalah yang paling mendekati bahasa pemrograman sehingga memudahkan pembahasan.

Contohnya, apabila kita ingin meminta nama user dan menampilkan output berupa nama yang tadi diketik, berikut algoritma pseudo-codenya dalam berbagai bahasa.

PASCAL
 Writeln('Masukkan nama anda: '); READLN(Nama);  
 Writeln('Nama anda adalah ', Nama);  

VISUAL BASIC 6.0
 Nama = InputBox("Masukkan Nama Anda")  
 MsgBox "Nama anda adalah " & Nama

VISUAL BASIC 2008
 Nama = InputBox("Masukkan nama anda")
 MsgBox("Nama anda adalah " & Nama)

VISUAL C#
 // Misalkan nama telah diinputkan user melalui suatu text box atau media input lainnya
 System.Windows.Forms.MessageBox.Show("Nama anda adalah " + Nama);

Article by : Google

14 comments :

  1. Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. kita juga punya nih jurnal mengenai algoritma, silahkan dikunjungi dan dibaca ,
    berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2872/1/Algoritma%20Genetik%20Pada%20Pencarian%20Rute%20Terpendek%20Dalam%20Masalah%20Tranvelling%20Salesman%20Problem(TSP)--D11.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    ReplyDelete
  3. waduh, artikelnya keren sobh, tapi saya bingung mo koment apa, hehe..
    maaf ya.

    ReplyDelete
  4. eh, ada yang lupa nih sobh, kunjungan baliknya ya.
    thanks.

    ReplyDelete
  5. Wah ..
    Barutahu ane ..
    makasih gan udah share

    ReplyDelete
  6. nice info bro, btw template blognya keren

    ReplyDelete
  7. Wah nambah ilmu nih, tapi kudu baca lagi, rada ga mudeng sob heehe..

    ReplyDelete
  8. logika dan algoritma pemrograman itu seperti apa t kak.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya seperti diatas itu dik, bahasa pemrograman.

      Logika itu ilmu memecahkan masalah.
      Algoritma itu prosesnya. Mungkin bahasa gampangnya seperti itu.

      Delete