loading guntaraajie-version
Show/Hide Slider
Bookmark and Share Guntara Version

Wednesday 5 December 2012

Cara Jitu Mendapatkan Backlink Berkualitas di Blog

Cara Tepat dan Benar Mendapatkan Backlink Berkualitas
Mendapatkan backlink terbaik dan berkualitas adalah suatu hal yang harus diupayakan oleh para sahabat blogger demi mendapatkan hasil maksimal untuk blog-nya. Sebelumnya, kita bahas sedikit arti dari "backlink" itu sendiri,..


Backlink merupakan link dari blog orang lain yang diarahkan menuju blog kamu. Jadi jika ada blog orang lain yang ngelink ke blog kamu, artinya kamu mendapat backlink dari blog lain tersebut.


Keuntungan mendapatkan backlink dari orang lain :
1. Ada kesempatan untuk Menaikkan Rank Blog atau Website kita pada Google search
2. Meningkatnya LinkPopularity atau kepopuleran blog kita
3. Trafik pengunjung juga dapat naik dan bertambah, sehingga kita bisa sharing ilmu yang kita miliki ke banyak
     orang lain

Cara-cara mendapat backlink berkualitas :

1. Submit postingan ke Direktori
    Carilah alamat-alamat direktori Indonesia, dengan mengetik "Direktori Indonesia" pada search engine. Anda akan menemukan alamat direktori online untuk men-submit blog atau site kita ke alamat tersebut.

2. Artikel Marketing
    Konsep artikel marketing ini yakni sahabat blogger membuat artikel pendek (200-600 kata), kemudian artikel tersebut anda submit ke artikel direktori yang banyak tersedia di Internet. Pada akhir artikel tersebut, kamu dapat mencantumkan resource box yg berisi nama anda sebagai pengarang artikel, ceritakan juga sekilas tentang anda dan sekaligus cantumkan link blog anda. Jika pendaftarannya diterima oleh artikel direktori maka artikel anda akan tercantum pada direktori tersebut (sekaligus link blog anda).

Dan apabila artikel yang anda buat memang sangat menarik, bisa saja artikel tersebut dipergunakan oleh publisher-publisher engine atau blogger dari seluruh dunia untuk mengisi blog mereka, tentu saja dengan tetap mencantumkan resource box anda pada artikel tersebut. Apabila efek viral ini terjadi, jumlah backlink anda akan tumbuh dengan cepat.

3. Link Baiting
    Konsepnya sederhana, yaitu bagaimana caranya anda membuat konten blog yang secara alamiah menjadi pembicaraan para pengunjung blog dan secara alamiah juga para pengunjung blog tersebut kemudian menceritakan konten blog anda lengkap dengan backlink ke blog kamu tersebut, dalam dunia marketing, ini mungkin suka disebut juga "Word of Mouth Marketing", viral marketing atau buzz marketing.

4. Bertukar Link
    Bertukar Link juga salah satu cara ampuh untuk mendapat backlink. Agar lebih efektif, lakukan pertukaran link hanya dengan situs yg memiliki kesamaan topik dengan blog yang anda buat dan prioritaskan blog yg memiliki Page Rank yg tinggi.

    Memang tidak ada salahnya jika kamu melakukan pertukaran dengan sebanyak mungkin blog, namun strategi ini tidak efektif menurut google, 10 backlink dari blog yg relevan akan jauh lebih baik dibanding ratusan backlink dari blog yg topiknya tidak nyambung dengan blog anda. Anda dapat mencari alamat pertukaran backlink tersebut pada searh engine alias mesin pencari.

5. Blog Commenting
    Memberikan komentar pada blog lain merupakan salah satu cara yang paling favorit dilakukan oleh blogger-blogger Indonesia untuk mendapat backlink. Cara ini sangat mudah, gratis dan secara alamiah sangat menyenangkan karena sekaligus membangun hubungan pertemanan dengan sesama blogger.

    Tidak ada salahnya jika memberikan komentar kesebanyak mungkin blog yg kita temui, namun sekali lagi jauh lebih efektif jika anda memprioritaskan pada posting-posting yang memiliki kesamaan topik/niche market/ceruk pasar dengan anda dan blog-blog yang memiliki page rank tinggi (tidak sedikit blog yg memiliki page rank 7).



Sumber : Google

21 comments :

  1. Informasi yang sangat bermanfaat banget salam kenal aja ya. Semoga dengan cara jitu ini saya akan mudah mendapatkan backlink yang berkualitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. okey,,salam kenal juga ya...

      smoga bermanfaat ya??!!
      ^_^

      Delete
    2. http://zonajualonline.web.id/

      Delete
  2. mantap dan bermanfaat, ijin ikut belajar ya.

    ReplyDelete
  3. yang paling banyak alasan cari backlink, untuk menguatkan di serp ya .. ?? hehe .. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm,..aq yaa??? Koq banyak alasan..?? Ga juga...tuw,,
      Cuma pengen sharing dan saling menilai aja koq, kak.
      ^_^

      Kan dari penilaian bisa ada perbaikan tow kak,... makasih juga dah berkunjung. Site kakk juga bagus,,aq belajar ilmu baru jg dari situ
      hehehe

      Delete
  4. aq lebih suka blogwalking untuk dapatkan backlink.
    salam kenal,follow yg ke 10 sukses sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okey brow,,blog walking juga sama koq....
      Makasih yaa dah follow me
      ^_^

      Delete
  5. Saya masih belum banyak mengerti mengenai backlink,meski defininya sudah banyak dijelaskan diberbagai tutorial.maaf kalo otak saya tidak terlalu encer.yang ingin saya tanyakan adalah

    1.apakah ketika kita berkomentar di suatu blog dan pemilik blog tidak mengklik balik link profil/blog kita,apakah itu masih termasuk backlink?.lantas bagaimana jika kita mengisi guestbook semisal cbox dan pemilik blog mengklik link blog kita. apakah itu juga termasuk backlink?mengingat cbox adalah pihak ketiga dan tidak terintegrasi langsung dengan blogspot.

    2.kita mungkin sudah sering berkomentar di blog orang lain,bahkan mungkin sudah ratusan kali.tapi mengapa backlink yang tercantum di alexa sangatlah sedikit.rata rata paling banyak sekitar 200an dan tidak sebanding dengan komentar yang pernah kita kirim.lantas bagaimanakah alexa menilai bahwa itu sebuah backlink untuk kita?apa kriteria serta penilaian alexa untuk mencantumkan bahwa itu adalah sebuah baclink?

    maaf kalau saya terlalu banyak bertanya dan merepotkan,saya akan sangat senang jika admin atau pengunjung yang kmampir di sini berkenan menjawab pertanyaan saya karena itu akan sangat membantu.atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siippp,..okey saya jawab

      1. Untuk mengisi komentar blog,dengan adanya link anda di blog tersebut, mungkin bisa dikatakan backlink. Karena backlink sendiri adalah tautan balik k tempat kita. Dan untuk masalah CBOX atau semacamnya, menurut saya itu juga kotak komentar biasa yang bisa diisi link,di klik,dan mengarah k site yang kita tulis,...
      Menurut saya itu juga bisa dikatakan backlink,karena backlink sendiri menurut saya adalah "tautan balik"...ingat!! "Tautan Balik".

      2. Dan jika ada pertanyaan, Kenapa tidak ada backlink dari CBOX?? Kenapa tidak semua link komentar kita tercantum di alexa??
      Jujur saja,, Guntara sendiri juga kurang tau pastinya seperti apa,... Karena setiap site mempunyai sistem dan cara kerja masing2.
      Seperti kata2 yang banyak diucapkan orang pada saya:
      "Tugas kita hanyalah berusaha, berdoa dan belajar. Untuk masalah bagus atau tidaknya biar nanti orang lain yang menilai"
      Kurang lebih seperti itu kak
      Hehehe ^_^

      Delete
  6. nice blog gan..lanjutkan

    nitip lapak gan:
    http://sewaproyektoryogyakarta.blogspot.com/

    ReplyDelete
  7. makasih banyak ya gan... membantu sekali trik nya...

    ReplyDelete
  8. Sob..salam kenal..!
    Saya sangat tertarik dengan artikel ini.
    sob jujur Saya masih newbie dlam dunia blog. Saya mau tanya, kenapa ya blog yang punya page rank tinggi, jarang sekali menerima tukar link dengan blog yang page rank rendah. padahal kita sangat membutuhkannya.
    mohon pencerahan sob.trims
    http://zhriee.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okey,,,saya jawab yaa,...

      Page rank tinggi menjadi jaminan untuk blog atau web mendapatkan iklan (meski tidak semuanya), nha dari iklan tersebut orang yang punya web atau blog tersebut pasti juga akan mendapat penghasilan donk tentunya,....
      Bayangin aja,, klo di gratisin ama yg dapet duit milih mana???
      Pastinya pilih duit donk.hehehe

      #Kurang lebih seperti itu penjelasan saya

      Delete
  9. mantab gan, ikutan belajar.

    ReplyDelete
  10. Saiya di mari gara2 google mastah, untung artikelnya benar2 bermanpaat jadi ga rugi disasarin :D

    Numpang tanya ni mastah, kenapa y para blogger kebanyakan melarang komentar dengan memasang link hidup, padahal rata2 mrk sudah menset nofollow?

    ReplyDelete
  11. Informasi yang sangat bermanfaat banget salam kenal aja ya. Semoga dengan cara jitu ini saya akan mudah mendapatkan backlink yang berkualitas....

    http://rohanskasim.blogspot.com/

    ReplyDelete
  12. Wah mantep nih penjelasannya..
    ayo berburu backlink untuk dongkrak SERP mbah google

    ReplyDelete